Anda ingin berbisnis online? Mengapa tidak, banyak yang telah sukses menjalankan bisnis ini
karena internet telah membuka cakrawala baru dalam berbisnis khususnya untuk usaha kecil dan
menengah yang bisa dijalankan dari rumah. Tapi, sebelum Anda terjun ke bisnis online ini,Anda perlu menentukan strategi dan model bisnis yang cocok dengan Anda sehingga dalam menjalankan bisnis online
ini, Anda merasa bersemangat dan senang.
Berikut adalah daftar pertanyaan dan item untuk
dipertimbangkan ketika berpikir untuk memulai
bisnis online.
dipertimbangkan ketika berpikir untuk memulai
bisnis online.
Langkah 4: Memahami Keberadaan Online Anda
Memiliki situs web adalah elemen kunci dalam
berbisnis di Internet. Tahu cara membuat sebuah
situs web yang efektif, dan tahu tools yang
digunakan untuk mengelola bisnis online.
Bagaimana situs web Anda dibuat? Apakah
menggunakan sistem manajemen konten(CMS)
seperti Joomla, Drupal atau bahkan WordPress?
Atau cukup membeli perangkat lunak pembuatan
website seperti Microsoft Web Ekspresi dan
membuat website statis HTML? Atau Anda akan
menggunakan paket webhosting-in-one dan paket pembuatan website yang ditawarkan oleh layanan
seperti Intuit atau Yahoo atau layanan pembuat situs lokal?
Bagaimana cara terbaik dalam merancang sebuah situs web? Apakah Anda akan menggunakan desainer
web untuk menciptakan desain web? Atau apakah Anda akan membeli template pra-desain, terutama jika
Anda akan menggunakan WordPress dan sistem serupa? Jika Anda menggunakan template pra-desain,
Apakah Anda bisa menyesuaikan template agar tampilan dan nuansa situs Anda menjadi unik?
Jika akan menjual di Web, apakah Anda memiliki semua elemen yang diperlukan untuk menjalankan
bisnis e-commerce? Apakah Anda tahu apa keranjang belanja ( shopping cart) yang akan Anda gunakan?
Apakah Anda memiliki sertifikat SSL (Secure Socket Layer) untuk memastikan bahwa transaksi online
anda aman? Bagaimana Anda menerima pembayaran online? Apakah Anda membuka merchant account
sendiri untuk menerima kartu kredit? Ataukah Anda akan gunakan saja layanan seperti Paypal atau
Google Checkout? Atau Anda menawarkan semua pilihan pembayaran ini untuk pelanggan Anda?
Bagaimana rencana Anda dalam mengelola situs?
Apakah situs web Anda diarahkan untuk menjual? Apakah Anda tahu bagaimana mengkonversi
pengunjung Anda untuk pembeli dan meningkatkan tingkat konversi Anda?
web untuk menciptakan desain web? Atau apakah Anda akan membeli template pra-desain, terutama jika
Anda akan menggunakan WordPress dan sistem serupa? Jika Anda menggunakan template pra-desain,
Apakah Anda bisa menyesuaikan template agar tampilan dan nuansa situs Anda menjadi unik?
Jika akan menjual di Web, apakah Anda memiliki semua elemen yang diperlukan untuk menjalankan
bisnis e-commerce? Apakah Anda tahu apa keranjang belanja ( shopping cart) yang akan Anda gunakan?
Apakah Anda memiliki sertifikat SSL (Secure Socket Layer) untuk memastikan bahwa transaksi online
anda aman? Bagaimana Anda menerima pembayaran online? Apakah Anda membuka merchant account
sendiri untuk menerima kartu kredit? Ataukah Anda akan gunakan saja layanan seperti Paypal atau
Google Checkout? Atau Anda menawarkan semua pilihan pembayaran ini untuk pelanggan Anda?
Bagaimana rencana Anda dalam mengelola situs?
Apakah situs web Anda diarahkan untuk menjual? Apakah Anda tahu bagaimana mengkonversi
pengunjung Anda untuk pembeli dan meningkatkan tingkat konversi Anda?
Langkah 5: Pasar dan Promosi Web
Setelah selesai membuat website, Anda harus melakukan promosi. Pelanggan tidak datang dengan
sendirinya: Anda perlu promosi. Tahu berbagai metode hemat biaya yang dapat Anda gunakan untuk
membangun lalu lintas (traffic) dan mengkonversi pengunjung Anda menjadi penjualan.
Bagaimana secara efektif mempromosikan situs Anda? Sudahkah Anda menetapkan tujuan dan target
yang jelas mengenai bisnis online yang ingin Anda capai?
Siapa pelanggan Anda? Apakah Anda tahu bagaimana mencapai pasar taget Anda?
Apakah situs web Anda dapat terlihat oleh mesin pencari? Apakah unsur-unsur yang memiliki mesin
pencari seperti dan peringkat tinggi dalam hasil mereka?
Strategi Public Relation apa yang Anda lakukan? Apakah Anda menghubungi pers lokal? Apakah Anda
mengirimkan press release?
Apakah pemasaran bisnis berada di komunitas lokal? Apakah Anda memastikan bahwa Anda terlihat di
mesin pencari lokal online dan direktori?
Strategi apa yang harus Anda hindari dalam mempromosikan situs web Anda?
Apakah Anda melakukan strategi promosi offline? Apakah Anda melakukan jaringan offline?
Bagaimana Anda menentukan dan mengukur efektivitas strategi pemasaran yang Anda gunakan? Apakah
Anda memiliki analisis web yang diinstal dalam situs web Anda, seperti Google Analytics? Apa langkahlangkah
lain yang Anda gunakan untuk mengukur bagaimana bisnis online Anda berkinerja?
Judul: Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Online (2); Diterbitkan oleh mitrasantri; Rating Blog: 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar